HUKUM PUASA PATI GENI DAN TIRAKAT

PERTANYAAN
  1. Puasa mutih, Puasa ngrowot,Puasa  patigeni, boleh apa tidak??
  2. Apakah tidak termasuk wishol yang dilarang?

JAWABAN

  1.  Setiap puasa yang dilakukan sesuai dengan hukum syara’ yang tidak tuntunan pelaksaannya, masuk dalam kategori puasa sunah mutlak, dan niatnya adalah puasa mutlak. Dengan demikian, selama pelaksanaan puasa patigeni tidak mengandung hal-hal yang dilarang dalam agama, maka puasa tersebut termasuk puasa sunah mutlak.

أسنى المطالب - (ج 5 / ص 281)        

 ( وَتَكْفِي نِيَّةٌ مُطْلَقَةٌ فِي النَّفْلِ الْمُطْلَقِ ) كَمَا فِي نَظِيرِهِ مِنْ الصَّلَاةِ ( وَلَوْ قَبْلَ الزَّوَالِ لَا بَعْدَهُ ) { لِأَنَّهُ صَلَّى        اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِعَائِشَةَ يَوْمًا هَلْ عِنْدَكُمْ مِنْ غَدَاءٍ قَالَتْ لَا قَالَ فَإِنِّي إذًا أَصُومُ قَالَتْ وَقَالَ لِي يَوْمًا آخَرَ   أَعِنْدَكُمْ شَيْءٌ قُلْت نَعَمْ قَالَ إذًا أُفْطِرُ وَإِنْ كُنْت فَرَضْت الصَّوْمَ } رَوَاهُ الدَّارَقُطْنِيُّ وَصَحَّحَ إسْنَادَهُ

     “Dalam puasa sunah mutlak (yang tidak terkait dengan puasa wajib dan sunah), cara niatnya cukup dengan niat yang mutlak (umum), sebagaimana niat pada salat sunah mutlak. Meskipun letak niatnya sebelum dzuhur, dan tidak boleh setelah dzuhur. Karena Rasulullah Saw suatu hari berkata pada Aisyah: “Apa ada sarapan pagi?” Aisyah menjawab: “Tidak ada.” Nabi berkata: “Kalau begitu saya puasa.” Aisyah menyebutkan: Suatu hari yang lain Nabi bertanya pada saya: “Apa ada sarapan pagi? Saya menjawab:“Ada.” Nabi berkata:“Kalau begitu saya tidak puasa, meski saya perkirakan berpuasa.”


  1.  Puasa patigeni (puasa 24 jam) tidak termasuk puasa wishal yang dilarang oleh Rasullah Saw. karena puasa wishal yang dilarang adalah berpuasa selama 2 hari (48 jam).

 المجموع - (ج 6 / ص 357-359)

 وعن ابي سعيد الخدرى انه سمع النبي صلي الله عليه وسلم يقول " لا تواصلوا فأيكم ارد ان يواصل فليواصل إلى السحر قالوا فانك تواصل يارسول الله قال إنى لست كهيأتكم اني ابيت لى مطعم يطعمنى وساق يسقيني " رواه البخاري

 قال أصحابنا وحقيقة الوصال المنهي عنه أن يصوم يومين فصاعدا ولا يتناول في الليل شيئا لا ماء ولا مأكولا فان أكل شيئا يسيرا أو شرب فليس وصالا وكذا إن أخر الاكل الي السحر لمقصود صحيح أو غيره فليس بوصال وممن صرح بأن الوصال أن لا يأكل ولا يشرب ويزول الوصال بأكل أو شرب وان قل صاحب الحاوى وسليم الرازي والقاضى أبو الطيب وامام الحرمين والشيخ نصر والمتولي وصاحب العدة وصاحب البيان وخلائق لا يحصون من اصحابنا

 “Rasul bersabda: Janganlah kalian melakukan puasa wishal. Barangsiapa diantara kalian ingin melakukan wishal, maka lakukanlah hingga waktu sahur (sehari semalam). Para sahabat bertanya: Anda juga melakukan wishal, wahai Rasul? Rasul menjawab: Saya tidak sama dengan kalian. Di saat malam, ada yang memberi makan dan minum kepada saya.” (HR Bukhari)

 Para ulama madzhab Syafii menjelaskan bahwa hakikat puasa wishal yang dilarang adalah puasa dua hari atau lebih tanpa mengkonsumsi makanan dan minuman. Jika seseorang mengkonsumsi makanan atau minuman sedikit saja, maka tidak disebut wishal. Diantara ulama yang menjelaskan bentuk puasa wishal seperti definisi ini adalah Al Mawardi, Salim Al Razi, Qadhi Abu Thayyib, Imam Haramain dan lain lain.

 اسعاد الرفيق 2- 14

 ومنها اى معاصى البدن الوصال فى الصوم ولو نفلا للنهى عنه وفسره فى المجموع نقلا عن الجمهور بان يصوم يومين فاكثر من غير تناول مطعوم عمدا بلاعذر ...الى ان قال... قال الرويانى ولو فعل الوصال لا على قصد التقرب به لم يأثم كما فى الفتح واصله .

 “Diantara perbuatan maksiat tubuh adalah puasa wishal meskipun untuk puasa sunah. Sebab Rasulullah melarang jenis puasa seperti ini. Sebagaimana diterangkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Majmu’nya, puasa wishal adalah puasa selama dua hari atau lebih tanpa mengkonsumsi makanan secara sengaja dan tanpa udzur…. Imam Ruyani mengatakan bahwa bila seseorang melakukan puasa wishal tanpa bertujuan mendekatkan diri kepada Allah, maka dia tidak berdosa (boleh).”
[http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/doc/262330947123054/]
Share this article :
 

+ komentar + 32 komentar

Jumat, Agustus 17, 2012 7:28:00 PM

Asalamualaikum.
Apakah benar kalo puasa pati geni bisa di kabulkan permintaan yang kita inginkan,? saya mendengar berita ini dari masyarakat sekitar

Rabu, September 19, 2012 1:12:00 PM

assamualaikum
puasa yang tidak pernah di lakukan NABI MUHAMMAD ato tidak ada dalam tuntunan hukumnya BI`DAH ato lebih tidak di lakukan karena jika di lakukan pun gak akan ada gunannya,termasuk juga puasa mutih,ngrowot,kungkum,ngalong,dsb,wahai saudaraku jangan pernah mengatas-namakan agama ISLAM jika melakukan hal-hal di luar syariat ISLAM,jangan pernah menjadikan ayat-ayat AL-QURAN & HADITS untuk menjual sesuatu di luar islam.karena sesungguhnya syaitan telah berjanji untuk mengajak sebanyak-banyaknya umat manusia untuk ke neraka

Senin, November 26, 2012 10:18:00 AM

tolong posting puasa daud

Jumat, Desember 14, 2012 3:36:00 AM

Yang satu tidak dilarang yang satunya tidak diperintahkan
jika salah satu merasa merasa paling taatitulah yang cocok dan passss masuk neraka,....

saya tunggu tread Mbak Novia di
http://www.facebook.com/groups/kasepuhanmanganthi/permalink/475129859191701/?comment_id=475147855856568&notif_t=like

Rabu, Januari 09, 2013 10:51:00 AM

Semoga kita selalu berpuasa dan beribadah lain yang sesuai tuntunan sunnah.

Minggu, Januari 27, 2013 2:42:00 PM

apa berdosa kalo puasa mutih ????

butuh saran,,,,,, puasa wishal diperbolehkan 1 hari 24jam, kalo puasa mutih ???? lak sama saja, hanya saja makannya putihan aja, nasi dan air, menandakan atau sebagai simbol, kalo manusia itu, dulunya hatinya putih ( pas bayi )

Senin, Januari 28, 2013 10:38:00 PM

Kalau beribadah dengan caranya sendiri yang tidak dituntunkan Allah dan Rasulnya jelas ditolak oleh Allah.
Sebaiknya kita koreksi apakah Rasulullah pernah mengajarkan puasa seperti itu apa tidak, atau setidaknya para sahabat rasul apa ada yang mengerjakan. Kalau tidak ada tuntunan dari Rasulullah, maka semua ibadah tertolak.
Rasulullah tidak pernah puasa putih dan ngowot apalagi patigeni. Tinggalkan saja.... lebih selamat.

Jumat, Maret 01, 2013 10:37:00 AM

kalau yang baik jadi bid'ah, Rasul dan sahabat juga tidak pernah berdakwah via internet...apalagi ini jaringan dan komputernya buatan yahudi, nasrani, dan mungkin penjahat2 teknologi...
jadi dakwah ini tinggalkan saja, bid'ah!!
hehehe

Sabtu, Maret 09, 2013 1:34:00 PM

Yang dilarang agama itu BID'AH Ibadah, bukan Bid'ah hal2 dunia. Silahkan belajar kembali mengenai Definisi bid'ah dalam segi syariat. kalau mengenai internet dll itu bukan termasuk bid'ah yang di maksud. Kalau puasa untuk ibadah NAH ini baru BID'AH yang di larang. Semoga kita semua mendapat hidayah dari Alloh. AaMiiN.

Jumat, Maret 15, 2013 2:11:00 PM

Hehe...

Sabtu, Maret 16, 2013 8:05:00 AM

belajar hadist dulu baru ngomong bid'ah, ilmu baru sebutir debu dah berkoar2 ngomongin bid'ah

Senin, April 29, 2013 10:04:00 AM

Al Muhaddits Al Imam Muhammad bin Idris Assyafii rahimahullah (Imam Syafii), Berkata Imam Syafii bahwa bid’ah terbagi 2, yaitu;
-Bid’ah Mahmudah (terpuji) dan
-Bid’ah Madzmumah (tercela),
maka yang sejalan dengan sunnah maka ia terpuji, dan yang tidak selaras dengan sunnah adalah tercela,

beliau berdalil dengan ucapan Umar bin Khattab ra mengenai shalat tarawih : “inilah sebaik baik bid’ah”.
(Tafsir Imam Qurtubiy juz 2 hal 86-87)

“Barangsiapa membuat - buat hal baru yang baik dalam Islam, maka baginya pahalanya dan pahala orang yang mengikutinya dan tak berkurang sedikit pun dari pahalanya, dan barangsiapa membuat buat hal baru yang buruk dalam Islam, maka baginya dosanya dan dosa orang yang mengikutinya dan tak dikurangkan sedikitpun dari dosanya”
(Shahih Muslim hadits No.1017. Demikian pula diriwayatkan pada Shahih Ibn Khuzaimah, Sunan Baihaqi Alkubra, Sunan Addarimiy, Shahih Ibn Hibban dan banyak lagi).

Sebenarnya ini..masalah kedangkalan ilmu, kedangkalan dalam memahami Al Qur-an dan Hadits saja..!!

Sabtu, Mei 18, 2013 8:03:00 PM

siapa bilang puasa ngrowot dll itu tdak bleh? itu bleh dan dicontohkan nabi musa, dan ulama salaf. kalo tdk pcya silahkan bukak di kitab "durrotun nasiqin " dan ihya' ulunudin ". sdikit" jgn bid'ah dan jgn sling menyalahkan kalo blm tau benar dasar hkumnya

Minggu, Mei 19, 2013 1:43:00 AM

biasanya puasa mutih di lakukan utk tujuan" tertentu yg kurang bagus,misalnya utk kekuatan dsb.jadi yg demikian bisa di katakan haram.

Minggu, Mei 19, 2013 1:45:00 AM

biasanya puasa mutih di lakukan utk tujuan" tertentu yg kurang bagus,misalnya utk kekuatan dsb.jadi yg demikian bisa di katakan haram.

Selasa, Mei 21, 2013 9:03:00 PM

komentar2 diatas,bagi saya tentu mendukung yang mendekati kebenaran. puasa pategeni, ngrowot belum pernah diajarkan nabi Saw, coba lihat dikitab-kitab fiqih/ hadits, terus terang belum ada nama puasa kok "puasa pati geni" kecuali dari seseorang yang belum memahami al-qur'an dan sunnah dengan pemahaman pendahulu2 kita yang shalih (sahabat dan tabi'in), bisa jadi yang berfatwa bolehnya melakukan puasa patigeni lebih kental dengan Islam kejawen. saya menyarankan kpd saudaraku kaum muslimin/mat untuk nambah ilmu agama klik saja www.radio muslim.or.rid (kajiannya nyunnah semua). saya cinta saudara semua fillah. nuwun

Minggu, Juni 16, 2013 7:23:00 AM

Lakum diinukum waliyadiin..

Silahkan mmpertanggung jawabkan diri pribadi masing2. Ilmu itu untuk mempermudah menemukan jawaban yang benar. Dan Allah Maha Benar. Klo yang mmpersulit tinggalin aj. Gitu aj ko' repot"

Selasa, Juli 02, 2013 8:45:00 AM

namanya jg patigeni,artinya mematikan api amarah dalam tubuh dan jiwa yang berpuasa..

Senin, Juli 08, 2013 6:31:00 AM

Kalau nabi muhammad manusia terbaik di permukaan bumi , paling shaleh , manusia paling bertaqwa tidak berhak mengarang soal syariad . Berhak kah anda mengarang soal syariad...???

Reply to isaprikitiew57@yahoo.com

Kamis, Agustus 22, 2013 5:04:00 PM

semua jenis puasa selama tidak termasuk wisal. boleh dan sah di lakukan. tidak ada larangannya dlm islam. apalagi jika niatnya untuk melatih jasmani dan rohani. melatih tingkat fokus. dan ketenangan. melatih kejernihan hati dan fikiran dlam situasi yg sulit. yg bilang itu di larang siapa. kalau ada yg bilang puasa pati geni. ngerowit. mutih itu haram dan di larang Allah. tu mnusia otaknya korengan. orientasi otaknya hanya pada hal hal mistis dan gaib. lihat dulu niatnya. apapun alasnnya puasa apapun bntuknya selma tidk berlebihan itu baik untuk jasmani dan rohani manusia tersebut

Kamis, Agustus 22, 2013 5:05:00 PM

semua jenis puasa selama tidak termasuk wisal. boleh dan sah di lakukan. tidak ada larangannya dlm islam. apalagi jika niatnya untuk melatih jasmani dan rohani. melatih tingkat fokus. dan ketenangan. melatih kejernihan hati dan fikiran dlam situasi yg sulit. yg bilang itu di larang siapa. kalau ada yg bilang puasa pati geni. ngerowit. mutih itu haram dan di larang Allah. tu mnusia otaknya korengan. orientasi otaknya hanya pada hal hal mistis dan gaib. lihat dulu niatnya. apapun alasnnya puasa apapun bntuknya selma tidk berlebihan itu baik untuk jasmani dan rohani manusia tersebut

Sabtu, Agustus 24, 2013 12:22:00 AM

Sedikit Berbagi cerita
ini cerita dari guru agama saya, sebut saja bapak Amri.
waktu itu beliau sedang di masjid untuk menjalankan sholat magrib berjama ah. Nah saat sebelum shalat beliau di dekati seorang jema ah Mahabah.
mahabah : "assalamulaikum " sambil berjabat tangan
Pak Amri : "walaikum salam "
mahabah : pak kalau bisa kalau sholat jangan pakai celana kain, karna pada zaman rosullulah itu ndak ada bid ah. lebih bagus pakai sarung.
Pak Amri : Ya *sambil tersenyum

saat selesai sholat kluarlah pak amri bersama jema ah mahabahyg tadi.
saat keluar dari masjid, pak amri berkata
pak amri : Loh kok pakai sendal carfil ?
Mahabah : kenapa ? kan agar terbebas dari najis.
pak amri : kan di zaman rosullulah itu ndak ada, bid ah dong !
Mahabah : *terdiam sejenak
Pak Amri : Lalu apa bedanya dengan dengan celana saya ? yang jelas/penting fungsinya sama. wasalam

ambil hikmahlah dari cerita di atas

Jumat, September 06, 2013 2:42:00 PM

Wees sucia dirimu hai tukang mem bid'ah,,,tukang mem bid'ah iku tukang fitnah,,hatinya kotor penuh prasangkah.,,ibadane orah khusuk karena selalu menilai ibadah orang lain,,,
Paahammah dirimu hai tukang mem bid'ah....

Selasa, September 10, 2013 2:33:00 AM

“O“

Jumat, November 01, 2013 1:34:00 PM

Aih...membingunkan sekaleeeeee....

Minggu, November 10, 2013 5:59:00 AM

Jangan mengatakan tidak ada karena anda tidak tahu. Jangan menganggap pengetahuan anda sudah mentok

Selasa, Desember 24, 2013 9:34:00 PM

saudaraku,muslimin walmuslimat,maaf dlm hal bid'ah dan tdk jgn bertengkar,atas kesalah fahaman.kita kembali kepada alquran dan hadits dan kepada madhab kita imam syafii,baca kitabnya..........namanya bidah hasanah,memang tdk diperintahkan puasa mutih.tapi bolehlah kalau lagi kesusahan kita minta alloh caranya puasa mutih 3 hari,insyaalloh ada solusi coba saja,

Rabu, Desember 25, 2013 5:56:00 AM

assalami'alaikum.. kita ambil faedahnya saja mas..

Selasa, Januari 21, 2014 9:45:00 AM

assalamu'alaikum wr wb... kepada semua saudaraku mohon untuk tidak berdebat atau berolok-olok di forum umum dan terbuka ini karena sungguh di luar sana banyk sekali yang bertepuk tangan thdp tingkah kita ini bukankah sesama muslim bersaudara?.. Menurut saya lebih baik bersatu memikirkan cara memusnahkan situs2 yang sudah jelas porno atau yang menghina sekali terhadap kaum muslimin seperti www.swaranonmuslim.blogspot.com

Minggu, Februari 09, 2014 11:12:00 PM

Assalammualaikum.
Wahai saudaraku s agama.
Aku ingn tnya, apakah d saat pati geni boleh shalat..?
Mhon jwbn scpat nya..
Tlong d blz ya, ,

Selasa, Februari 11, 2014 1:29:00 PM

Boleeeh,,,yg gk ngebolehin siapa??,,,

Patih geni gk ada larangan untuk sholat,,,

Minggu, April 06, 2014 10:34:00 PM

Makin seru aja...

Puasa apa aja yg pnting adalah niat+tujuan
Selagi tidak menyimpang dr hukum dlm islam jg tujuan tidak mengarah pd hal2 yg syirik,insyaAlloh jg ttp di perblhkan.

(Bpk kyai aja sering menggalakkan para santrinya untuk puasa nganyep,ngrowot,daud dsb).


**************drpd debat....lbh baik bljr bersama aja sob*****



Poskan Komentar

Silahkan tulis

Bacaan Populer

 
Didukung : Salafiyyah Fans Page | PISS-KTB | Group Alumni
Copyright © 2006. Pesantren As-Salafiyyah - Boleh dicopy asal mencantumkan URL dokumen
Template Modified by info@as-salafiyyah.com | Published by BoloplekCD
Proudly powered by ePUSTAKA ISLAMI