Alumni


77

Alumni Assalafiyyah (Kharijissalafiyyah) telah tersebar di daerah-daerah di Tanah Air dan memiliki peran yang beragam, ada yang menjadi petani, nelayan, da’i-da’i, pengasuh pesantren, dosen, rektor, guru, dll. Alumni Assalafiyyah telah diwadahi dalam organisasi Jam’iyyah Washliyyah dan setiap korda melaksanakan acara pertemuan rutinan untuk mempererat tali silaturahmi dan pemecahan masalah-masalah yang dihadapi oleh para alumni di daerah masing-masing.

Assalafiyyah senantiasa menjalin silaturahmi dengan para alumni di berbagai daerah dengan cara mendelegasikan salah satu dari keluarga ndalem untuk menghadiri pertemuan korda-korda para alumni. Para alumni pun tidak pernah melupakan pesantren almameter tercinta sebab hubungan antara santri dan Kiai sangatlah erat, terutama hubungan ruhiyyah yang melibatkan ikatan batin. Para alumni di manapun mereka berada akan senantiasa mendoakan guru-guru mereka setiap usai mengerjakan shalat. Demikian pula guru-guru di pesantren selalu mendoakan kesuksesan para alumni di daerah masing-masing. Hubungan antara santri dan Kiai tidak sekadar hubungan genealogi intelektual dan sanad-sanad keilmuan, tetapi juga hubungan emosional-spiritual.

38

Alumni Assalafiyyah memiliki sumbangsih yang besar dalam pengembangan Assalafiyyah saat ini. Para alumni rela menyumbang waqaf tunai untuk perluasan tanah pesantren, gigih dalam rekrutmen santri-santri dari daerah-daerah binaan para alumni, dan bahkan kerja bakti bulanan untuk pembangunan pesantren. Dengan demikian, alumni memiliki peran vital bagi kemajuan Assalafiyyah. Semoga Allah SWT membalas amal perjuangan para alumni. Amin.

Di masa depan, alumni diharapkan dapat bersama-sama dan bekerjasama secara maksimal dengan Assalafiyyah untuk membuka cabang-cabang pesantren Assalafiyyah di berbagai daerah, menggerakkan roda perekonomian melalui koperasi pesantren, biro haji-umroh, membangun Panti Asuhan, dan sekolah-sekolah di daerah-daerah binaan para alumni. Ini adalah sebuah mimpi dan harapan kita semua. Semoga Allah SWT mewujudkan semuanya demi kejayaan dakwah Islamiyyah dan meridhainya.

63