E-Santri Assalafiyyah


Pesantren  Assalafiyyah menerapkan sistem cashless, dimana para santri dilarang membawa uang cash. Jika membawa uang cash akan disita keamanan dan menjadi aset pondok. Semua kebutuhan transaksi santri dilakukan secara non tunai dengan kartu e-Santri. Diantara manfaat e-Santri adalah:

  1. Menanggulangi pemborosan. Setiap santri perhari diberi batas jajan 7500 di Madrasah dan 7500 di asrama.
  2. Menanggulangi pencurian. Dengan sistem ini alhamdulillah tidak ada lagi pencurian uang di pesantren. Semua uang santri aman disimpan dan dikelola oleh lembaga.
  3. Santri tidak bisa menyalahgunakan uang cash untuk membeli rokok, internetan di luar pondok, dan lain-lain. Santri hanya bisa belanja di koperasi pondok.
  4. Meningkatnya pemasukan koperasi pesantren karena semua santri hanya bisa berbelanja di koperasi pesantren. Dengan demikian ekonomi pesantren menjadi kuat dan mampu mencukupi kebutuhan lembaga.

Selain fungsi di atas, e-Santri Assalafiyyah juga berfungsi sebagai alat presensi digital untuk check in dan check out asrama,presensi kehadiran di sekolah, pengambilan loundry, izin pulang dan lain-lain. Semuanya diatur secara digital sehingga memudahkan tugas pengurus pesantren.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *