Kunjungan Prof. Fritz Schulze dan mahasiswa Gottingen Jerman


Sabtu, 1 Oktober 2016, Assalafiyyah II Terpadu mendapat kunjungan rombongan Prof. Fritz Schulze dan mahasiswa-mahasiswi Universitas Gottingen Jerman. Dipandu oleh Dr. Munir Ikhwan dari UIN Sunan Kalijaga, mereka hendak meneliti aktivitas para santri, konsep go green pesantren Assalafiyyah, tariqat Qadiriyyah-Naqsabandiyah yang diasuh oleh KH. Syuja’i Masduqi, Islam dan Demokrasi, Deradikalisasi makna Jihad, dan tema-tema keislaman lainnya.

Para tamu disambut oleh K. Irwan Masduqi, Lc. M. Hum selaku pimpinan Assalafiyyah II Terpadu di kediamannya. Dengan menggunakan bahasa Inggris, beliau menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para peneliti yang sedang menempuh program s1 jurusan Islamic Studies.

Kunjungan ini cukup mengesankan dan memberi pelajaran bahwa pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia memiliki daya tarik yang besar di mata para peneliti Eropa. Islam ala pesantren mereka nilai sebagai harapan bagi masa depan Islam di Indonesia, sebab pesantren senantiasa dibutuhkan untuk menjaga NKRI dari ancaman radikalisme.

Mereka juga mengungkapkan betapa bagusnya pendidikan karakter di pesantren dimana budaya menghormati orang lain sangat dijunjung tinggi dan dipraktekkan dalam kehidupan nyata. Hal tersebut, menurut mereka, sebab nilai-nilai sufisme sangat mengakar di pesantren. Inilah faktor pembeda antara pesantren dengan pendidikan di luar pesantren yang tengah mengalami krisis etika dan moralitas. Pesantren merupakan harapan dan contoh terbaik bagi dunia pendidikan.


One response to “Kunjungan Prof. Fritz Schulze dan mahasiswa Gottingen Jerman”

  1. R.WILLY GATOT says:

    cukup baik dpt kunjungan dr gottingen university. biar mengenal muslim yg sebenarnya dan langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *