The Celebrate of Haul K.H Nur Iman Mlangi Yogyakarta


By:

Anisa Dwi Utami

Anzaly Ulya Roziq

Khilya Alfi Irsyadiyah

Hallo guys, kalian udah pada tahu belum apa Haul itu? Pasti masih pada bertanya-tanya apa si Haul itu. Kata Haul bukan hal yang asing lagi kita dengar di lingkungan pondok pesantren. Nah… di sini kami akan memberitahukan kepada kalian semua terkait Haul dan rangkaian acara kegiatan khususnya di lingkungan Santri Mlangi. Kemarin pada tgl 15 Muharom (14 September 2019) di Mlangi adalah hari yang sangat istimewa bagi kami seluruh santri di Pondok Pesantren Mlangi khususnya Santri Assalafiyyah.

Pada malam itu adalah puncak acara peringatan Haul simbah K.H Nur Iman yang ke-30 yang mana beliau adalah tokoh pertama kali yang mengajarkan pondasi agama yang berbasis Pondok Pesantren. Jadi dalam Haul ini seluruh Pondok Pesantren berjumlah 18 bergabung menjadi satu untuk memperingati Haul simbah K.H Nur Iman. Adapun acara yang diselenggarakan ini bertepat di depan Masjid Pathok Mlangi (Makam K.H Nur Iman), dari sepanjang pintu sebelah barat menuju ke timur “Sepanjang Jalan” menuju Masjid Pathok dipenhi oleh para pedagang kaki lima mulai dari jualan : makanan ringan, makanan berat, aneka pakaian, perlengakapan rumah tangga dan bahkan wahana permainanpun available, itu semua hanya untuk memeriahkan acara Haul.

Begitu senangya hati kami semua para santri Assalafiyyah yang bisa keluar menyaksikan acara langsung dan membeli beberapa makanan maupun the another thing, kami diberi waktu dari selesai sholat Isya’ hingga pukul 21.00 untuk keluar dan diperbolehkan untuk bertemu orang tua kami “bagi yang orang tuanya datang menghadiri”, waktu 2 hour itu bagi kami sangatlah berharga karna hanya bisa kami rasakan once a year. Senang, sedih kami rasakan, senang bisa keluar membeli beberapa jajanan dan bertemu orang tua, sedih karna kami dibatasi ketika keluar, jika jam keluar sudah habis santri Assalafiyyah harus kembali ke Boarding School, bagi yang melanggar akan dikenakan Takzir (hukuman) dan akan mendapatkan point yang akan dijatuhkan dari pengurus pondok.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *